Wacana Gulirkan Liga 1 Tanpa Degradasi, PSSI Panen Kecaman

Oleh: Mr. Max Sepak Bola | Jumat, 07 Mei 2021 - 16:13:18 WIB | dibaca: 145 pembaca

    Wacana Gulirkan Liga 1 Tanpa Degradasi, PSSI Panen Kecaman

    Wacana Gelaran Liga 1 Tanpa Degrasi Tuai Kecaman

    Aremanoid.com – Setelah melalui fase uji coba dengan menyelenggarakan Piala Menpora, kini PSSI bersiap menggelar kompetisi Liga 1 yang sesungguhnya dengan melibatkan 18 klub peserta. Tapi justru rencana gelaran kompetisi sesungguhnya masih menemui jalan terjal.

    Persija Raih Gelar Piala Menpora 2021

    Setelah sempat ditunda menyoal kelanjutan kompetisi akibat terjadinya sejumlah pelanggaran protokol kesehatan pasca dihelatnya laga final yang mempertemukan Persija melawan Persib. Pelanggaran tersebut berupa kerumunan massa pendukung Persija yang melakukan konvoi usai meraih gelar juara. Serta pelanggaran hukum yang dilakukan kelompok pendukung Persib yang melakukan sweeping plat nomor B dan diduga terlibat dalam perusakan kantor mereka.

    Akhirnya pembahasan soal kompetisi resmi dilanjutkan melalui sidang Exco yang berlangsung pada Senin (3/5) lalu. Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, mengaku pembahasan terkait isu tersebut cukup panjang dan alot. Akan tetapi, anggota rapat akhirnya sepakat dengan regulasi Liga 1 2021 tanpa degradasi.

    Setidaknya terdapat 13 klub anggota Liga 1 yang setuju mengenai usulan tersebut. Sementara setidaknya terdapat 3 klub yang dengan keras menentang usulan tersebut diantaranya Borneo FC, Bhayangkara FC, Persib Bandung, dan yang terakhir Bali United.

    Google Ads

    Penyataan Resmi Dari Nabil Husein

    Bahkan mengutip pernyataan Nabil Husein selaku presiden Borneo FC bahwa dengan tidak diberlakukannya sistem degradsi bagi klub yang akan berlaga di Liga 1 merupakan tanda kemunduran bagi sepakbola Indonesia.

    Yang mengejutkan selain keputusan tanpa degradasi PSSI juga mengatakan bahwa 2 klub teratas di Liga 2 dapat bergabung dengan 18 kontestan Liga 1 pada musim selanjutnya. Keputusan rapat Exco PSSI yang sepakat dengan Liga 1 2021 tanpa degradasi digaris bawahi Hasani sebagai kebijakan sementara. Artinya, kompetisi tanpa degradasi hanya berlaku pada musim depan dan setelahnya kembali kepada regulasi semula terkait promosi dan degradasi.

    Meski demikian, rapat Exco tersebut belumlah menjadi keputusan final. Hasil rekomendasi Liga 1 2021 tanpa degradasi nantinya akan diputuskan melalui Kongres PSSI yang digelar pada 29 Mei mendatang. 
    Di situ, para pemilik suara (voters) akan memutuskan apakah rekomendasi dari Exco PSSI terkait Liga 1 2021 tanpa degradasi diterima atau tidak. 

    Mr. Max
    Penulis: Mr. Max

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook