Mengenal Sisi Baru Stasiun Baru Malang

Oleh: Mr. Max Sepak Bola | Selasa, 11 Mei 2021 - 10:06:26 WIB | dibaca: 293 pembaca

    Mengenal Sisi Baru Stasiun Baru Malang

    Wajah Baru Sisi Timur Stasiun Malang Baru

    Aremanoid.com – Warga Malang kini telah bersiap dimanjakan apabila melakukan perjalanan jalur darat menggunakan kereta api. Seperti yang kini telah tersedia di Stasiun Malang Baru, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya baru saja meresmikan pembangunan sisi timur yang nantinya akan menjadi salah satu akses masuk menuju Stasiun. 

    Stasiun Kereta Api Malang direvitalisasi atau ditata ulang beberapa waktu lalu. Sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk mengundang lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur apabila pandemi telah berakhir.

    Stasiun Malang direvitalisasi lantaran memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dosmetik dan mancanegara. Sebab stasiun ini memiliki bangunan heritage atau cagar budaya, seperti yang terdapat di sisi barat-nya.

    Tampak Depan Sisi Timur Stasiun Malang Baru Dokumentasi Twitter @dimazfakhr.

    Desain pengembangan Stasiun Malang kali ini memiliki konsep yang terinspirasi dari bentuk Gunung Putri Tidur. Gunung itu sendiri berlokasi di antara Kabupaten Malang dan Kota Batu. Citra gunung tersebut diterapkan dalam bentuk desain bangunan Stasiun Malang.

    Google Ads

    Lalu desain pengembangan Stasiun Malang ini menggunakan konsep sirkulasi pengkondisian udara yang memberikan sistem go green. Pengembangan Stasiun Malang terintegrasi dengan bangunan Stasiun Malang eksisting dan dibangun skybridge sebagai penghubung antara Stasiun Malang sisi timur dan sisi barat.

    Jembatan Penghubung Yang Terdapat Di Sebelah Barat Stasiun Dokumentasi Twitter @dimazfakhr

    Pengembangannya Stasiun Malang ini akan dilakukan dalam dua tahap. Saat ini pengembangan yang masih dijalankan adalah tahap I yang berupa pembangunan Stasiun Malang sisi timur dan pembangunan skybridge.

    Fasilitas Penunjang Di Dalam Stasiun Dokumentasi Twitter @dimazfakhr

    Sejumlah fasilitas penunjang yang lebih modern telah disiapkan oleh PT KAI di Stasiun Kota Baru Malang. Mulai dari kursi yang dilengkapi dengan charger, ruang VIP, ruang bermain anak, ruang laktasi, hingga eskalator untuk memudahkan para calon penumpang kereta api.

    Megahnya Bangunan Baru Stasiun Malang Baru Dokumentasi Twitter @dimazfakhr

    Di bangunan baru tersebut juga dilengkapi dengan jembatan layang sebagai jalan penyambung antara sisi timur dan sisi barat stasiun Kota Baru Malang. Penumpang juga bisa melihat kereta api yang sedang parkir dan seluruh luasan stasiun Kota Baru Malang di jembatan layang tersebut. Serta sebagai jalan, bagi penumpang saat akan menaiki kereta api nanti.

    Nantinya Stasiun Malang Kota Baru sisi timur akan dikhususkan untuk penumpang kereta api jarak jauh. Sementara untuk penumpang kereta api lokal akan difokuskan pada sisi barat stasiun. Langkah ini dilakukan untuk memecah jumlah penumpang tertumpuk di satu tempat.

    Pelaksaan ujicoba bertujuan mengantisipasi lonjakan penumpang di masa mendatang. Yang kebetulan pelaksaannya kemarin bertepatan dengan peniadaan mudik lebaran 2021, sehingga saat ini setidaknya baru terdapat 2 kereta api yang penumpangnya  telah mencicipi fasilitas terbaru ini. Yang pertama adalah Kereta Api Tawang Alun tujuan Banyuwangi serta Gajayana tujuan Jakarta.

    Seperti testimoni yang diberikan pemilik akun Twitter @dimazfakhr, "Setelah bbrp hari yg lalu akhirny naik Malabar lagi, kemarin (10 Mei) akhirny bisa nyoba pintu masuk baru Stasiun Malang sisi timur. Satu kata, WAPIK! Lebih luas, lebih nyaman. Semoga bisa menarik banyak wisatawan selepas pandemi nanti ". Hal ini menjelaskan bahwa respon cukup baik diberikan masyarakat terkait perbaikan infrastruktur yang terdapat di Stasiun Malang Baru.

     

    Mr. Max
    Penulis: Mr. Max

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook