Minum Air Hangat dari Melancarkan Pencernaan Hingga Meredakan Stres

Oleh: Mr. Max Gaya Hidup | Selasa, 10 Agustus 2021 - 20:19:51 WIB | dibaca: 180 pembaca

    Minum Air Hangat dari Melancarkan Pencernaan Hingga Meredakan Stres

    Minum air memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama dalam kondisi hangat. Berikut manfaat minum air hangat untuk kesehatan.(Foto: iStockphoto/fizkes/ CNN Indonesia)

    Aremanoid.com – Minum air hangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Berikut manfaat minum air hangat untuk kesehatan.

    Studi yang dipublikasikan di Journal of Food Science merekomendasikan untuk mengonsumsi air dengan suhu 54-71 derajat Celcius. Suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan luka bakar atau melepuh.

    Air hangat dapat diminum kapan saja. Mulai dari pagi hari, setelah makan, hingga malam hari.

    Berikut manfaat minum air hangat, seprti dilansir CNN Indonesia, Selasa (10/8):

    1. Melancarkan pencernaan

    Air hangat membantu memperlancar sistem pencernaan. Studi menunjukkan air panas membantu pergerakan usus. Makanan pun lebih mudah dicerna dan feses lebih cepat keluar.

    2. Meringankan gejala akalasia

    Akalasia adalah kondisi saat kerongkongan sulit memindahkan makanan ke dalam perut atau sulit menelan. Studi menunjukkan air hangat dapat membantu orang dengan akalasia menelan lebih baik.

    Google Ads

    3. Meningkatkan fungsi otak

    Studi menunjukkan bahwa minum air membantu meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat. Manfaat minum air hangat dapat meningkatkan aktivitas otak sehingga seseorang dapat lebih fokus.

    4. Meredakan menggigil kedinginan

    Minum air hangat dapat membantu meredakan tubuh yang menggigil kedinginan. Studi menunjukkan minum air panas saat kedinginan dapat dengan cepat memulihkan suhu tubuh.

    5. Meningkatkan sirkulasi

    Manfaat minum air hangat adalah dapat membantu sirkulasi darah lebih baik. Dikutip dari Healthline, air hangat membantu organ peredaran darah yakni arteri dan vena bekerja dengan efektif.

    6. Meredakan stres

    Minum air hangat dapat menciptakan efek menenangkan pada tubuh. Studi menunjukkan air hangat dapat memberikan perasaan tenang dan membuat tubuh lebih rileks.

    Suasana hati juga lebih baik saat minum air hangat.

    7. Membantu detoks

    Air hangat juga diyakini punya peran penting dalam mendetoks racun tubuh. Studi menunjukkan minum air lebih banyak dapat membantu ginjal mengencerkan limbah dalam darah.

    8. Meredakan hidung tersumbat

    Air panas memiliki uap yang dapat membantu melonggarkan sinus sehingga dapat meredakan hidung yang tersumbat bahkan sakit kepala karena sinus.

    Minum air hangat juga membantu menghangatkan area sinus dan tenggorokan sehingga lendir yang menumpuk dapat mencair.

    Itulah manfaat minum air hangat bagi tubuh. Setiap orang dewasa disarankan minum minimal 2 liter air setiap hari.

    Mr. Max
    Penulis: Mr. Max

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook