Kabupaten Malang Targetkan Produksi 6.000 Ton Ikan Nila

Oleh: Mr. Max Malang Now | Rabu, 11 Agustus 2021 - 17:05:43 WIB | dibaca: 116 pembaca

    Kabupaten Malang Targetkan Produksi 6.000 Ton Ikan Nila

    Bupati Malang H.M Sanusi saat melakukan panen raya ikan nila di Desa Pandangajeng Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.( IRA RAVIKA/NMP)

    Aremanoid.com – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malang menargetkan produksi ikan nila tahun 2021 mencapai 6000 ton.  Target ini meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu hanya 3000 ton.

    “Iya tahun ini target kami 6000 ton untuk produksi ikan nila. Kami yakin dapat tercapai,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malang Victor Sembiring S.Pt ME.

    Terlebih, menurut Victor sampai dengan akhir Juli lalu, produksi ikan nila di Kabupaten Malang sudah lebih 3000 ton.

    Google Ads

    “Kami sendiri sejak awal sudah melakukan upaya. Yaitu dengan mengajak masyarakat mengembangkan budidaya karamba, jaring, apung (KJA). Dan itu direspon sangat apik oleh masyarakat.

    Salah satu bukti adalah panen raya ikan nila di wilayah Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpang beberapa waktu lalu. Dimana warga mengembangkan KJA untuk ikan nila dan hasilnya pun luar biasa.

    “Kabupaten Malang ini sentra air. Sedangkan budidaya ikan nila yang diperlukan utama adalah air. Maka dari itu, kami pun terus bersosialisasi,” ungkapnya.

    Victor sendiri mengaku, meskipun terus melakukan sosialisasi, pihaknya juga tetap berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP). Alasannya, agar pengembangan budidaya ikan nila ini tak mengganggu sektor pertanian.

    “Ada beberapa sistem ya untuk mengembangkan budidaya ikan nila ini. Sehingga meskipun kemudian petani tertarik untuk melakukan budidaya ikan nila, maka ridak menghilangkan sektor pertaniannya, bisa menggunakan sistem mina padi, itu lebih efektif ya,” urai Victor.

    Dia pun mengatakan, terkait pengembangan budidaya ikan nila, pihaknya juga terus melakukan pemberian bantuan kepada warga. Bantuan yang diberikan adalah  fasilitas untuk memudahkan budidaya.

    “Karena tujuan kami jelas. Kabupaten Malang yang memiliki banyak kekayaan alam ini juga menjadi sentra ikan nila. Kami yakin ini berhasil, karena selain Kabupaten Malang kaya air juga ikan nila banyak dikonsumsi oleh masyarakat,” tandasnya. (ira/ley)

    Mr. Max
    Penulis: Mr. Max

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook