Penyaluran BST Digelar Serentak di Seluruh Kecamatan di Kabupaten Malang

Oleh: Mr. Max Malang Now | Kamis, 12 Agustus 2021 - 19:17:56 WIB | dibaca: 127 pembaca

    Penyaluran BST Digelar Serentak di Seluruh Kecamatan di Kabupaten Malang

    Bupati Malang H. M Sanusi memberangkatkan truk membawa beras bantuan PPKM 2021 dari halaman gudang Bulog Malang.(IRA RAVIKA/NMP)

    Aremanoid.com – Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga terdampak Covid-19 dari Pemerintah Kabupaten Malang siap disalurkan. Rencananya, penyaluran dilakukan Sabtu (14/8) lusa. Penyaluran BST ini disampaikan langsung  Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Kabupaten Malang Titin Koentiastutik.

    Titin mengatakan, jika penyaluran bantuan ini dilakukan setelah semua aturan atau regulasi dipenuhi.

    “Bukan kami mengulur waktu. Tapi untuk  penyaluran BST regulasinya harus ada,” ungkapnya.

    Sementara untuk pelaksanaan penyaluran BST, Titin mengatakan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Malang. Dan penyaluran bantuan ini digelar secara serentak di seluruh Kecamatan di Kabupaten Malang.

    Google Ads

    Untuk penyalurannya, ditambahkan Titin pihaknya menggandeng Bank Jatim.

    “Jadi warga yang menerima BST nanti akan mendapatkan undangan, untuk datang ke kantor kecamatan. Mereka akan menerima langsung uang tunai yang diberikan oleh petugas dari Bank Jatim,” urainya.

    Dia berharap, pelaksanaan penyaluran BST ini berlangsung lancar dan tidak ada kendala, terutama untuk para penerima.

    Dijelaskan wanita berjilbab ini, sebelumnya pihaknya sudah melakukan klarifikasi data untuk penerima BST. Dengan begitu, dia yakin penyerahan bantuan itu tepat sasaran.

    “Makanya untuk pencairannya kami juga menunggu SK Bupati. Baru setelah SK Bupati terbit, anggarannya diusulkan kepada BKAD. Dan Alhamdulillah semuanya lancar,” tambahnya.

    Dia kembali menjelaskan, untuk BST sendiri akan disalurkan kepada 9.998 warga yang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Warga yang menerima BST mereka adalah warga yang tidak mendapatkan bantuan lain, baik dari pusat, provinsi maupun daerah.

    Sementara itu disisi lain, Titin juga mengatakan untuk bantuan beras PPKM tahun 2021 sampai saat ini juga terus berlangsung. Namun demikian, untuk penyaluran beras, pihaknya tidak dilibatkan. Sebaliknya penyaluran dilakukan langsung oleh Bulog Malang.

    “Bantuan beras PPKM 2021 ini berasal dari Kementerian Sosial yang bekerjasama dengan Bulog. Untuk penyalurannya ditangani langsung oleh Bulog. Sedangkan kami Dinas Sosial hanya dilibatkan dalam penyajian data penerima saja,” tambahnya.

    Kendati ditangani langsung oleh Bulog, namun Titik juga sangat yakin pendistribusian beras itu sesuai dengan jadwal.

    “Pemberangkatan truk membawa bantuan beras perdana oleh bapak Bupati Malang. Total jumlah bantuan beras 201,08 ton. Dibagikan kepada KPM masing-masing mendapatkan 10 kilogram. Kegiatan pendistribusian beras bantuan dilakukan sampai Selasa (24/8) mendatang.(ira/jon/nmp)

    Mr. Max
    Penulis: Mr. Max

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook