Arema FC Ditantang PSM Makassar

Oleh: Mr. Max Sepak Bola | Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:44:32 WIB | dibaca: 115 pembaca

    Arema FC Ditantang PSM Makassar

    Aremanoid.com – Akhirnya Arema FC mengantongi jadwal pertandingan Liga 1. Skuat Singo Edan langsung melakoni enam laga sekaligus selama bulan September. Pertandingan pekan pertama Minggu (5/9) pekan ini melawan PSM Makassar. 

    Lima tim lainnya yakni Bhayangkara FC, PS Sleman, PSIS Semarang, Persipura Jayapura dan Persela Lamongan. Bhayangkara FC dan Persipura merupakan dua tim pesaing berat Arema FC.

    Tempat enam laga Dendi Santoso Dkk belum diumumkan PT LIB. Alasannya penentuan stadion tempat bertanding sesuai kondisi rendahnya kasus Covid-19. Selain itu antisipasi kehadiran penonton ke stadion tempat berlangsungnya pertandingan.

    Pelatih Arema FC Eduardo Almeida berpendapat ada sejumlah tim yang menjadi pesaing terkuat meraih gelar juara. Dua di antaranya akan dihadapi Arema FC pada enam laga awal. Yakni Bhayangkara FC dan Persipura Jayapura.

    Menurut dia, kedua tim tersebut memiliki kekuatan skuat yang cukup solid di musim ini. Juga  dianggapnya bisa menempati papan atas klasemen di akhir musim.

    Google Ads

    “Bhayangkara FC itu tim kuat, materi pemain mereka bagus. Jangan lupakan mereka pernah juara di tahun 2017. Mereka tentu mau mengulangi itu di musim ini dengan memperkuat timnya,” kata dia.

    Tim berjuluk The Guardian itu memang berhasil menggaet sejumlah mega bintang ke dalam skuat mereka. Hansamu Yama, Evan Dimas dan Ezechiel Ndouasel merupakan tiga nama yang mentereng di setiap lininya. Performa mereka di musim 2018 dan 2019 juga konsisten di empat besar. Sedangkan Arema FC masing-masing berada di posisi keenam dan kesembilan

    “Persipura Jayapura juga selalu memiliki tim yang kuat di setiap musimnya. Mereka selalu tampil bagus di setiap musim. Saya pikir mereka akan menjadi tim di posisi lima besar di akhir musim,” terang pelatih asal Portugal itu.

    Rekor pertemuan Almeida dengan klub berjuluk Mutiara Hitam itu juga buruk. Saat menangani Semen Padang di musim 2019, tim besutannya kandas di tangan Persipura. Kini Persipura terlihat menjanjikan dengan pemain-pemain mudanya. Apalagi Jacksen F Tiago yang memiliki hubungan manis dengan Persipura kembali menjadi juru taktik di sana.

    Sementara itu, untuk laga pertama melawan PSM Makassar, Almeida mengaku masih perlu melakukan analisis terkait kekuatan tim berjuluk Juku Eja itu. Meski PSM sempat tampil moncer pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dengan menempati peringkat keempat, dia tidak menyebut lawan pertamanya itu sebagai calon berat.

    “Saya akan memberikan pernyataan melawan PSM saat konferensi pers saja. Mereka lawan pertama kami. Jadi fokus kami adalah menyiapkan tim dulu,” kata beliau.

    PS Sleman juga merupakan tim yang tampil apik di turnamen pramusim. PSS mengalahkan PSM pada pertandingan perebutan tempat ketiga di Piala Menpora 2021. Tim asuhan Dejan Antonic itu tampil impresif sepanjang gelaran Piala Menpora 2021 dengan memadukan pemain lokal dan pemain asing.

    Arema FC juga akan berhadapan dengan PSIS Semarang. Tim yang pernah menjungkalkan langkah Singo Edan pada fase grup Piala Menpora 2021. Tim yang sempat diasuh sementara oleh asisten pelatih Kuncoro itu takluk 2-3 melalui pertandingan sengit. Selain itu Persela Lamongan tidak memiliki catatan yang mengkhawatirkan penggawa Singo Edan.

    Meski demikian Almeida berpendapat seluruh laga di seri 1 ini terlalu cepat untuk menilai timnya. Menurut pelatih berlisensi UEFA Pro itu, lima sampai enam laga awal merupakan fase pembentukan gaya main tim. Sebab tim sudah lama tidak bertanding di kompetisi. Itu membutuhkan waktu agar karakteristik tim dan kekompakan benar-benar terwujud.

    “Yang bisa saya janjikan Arema FC akan berupaya keras di setiap pertandingan. Tapi di lima sampai enam laga awal, saya rasa tim akan menyesuaikan dengan kondisi fisik mereka. Mungkin Arema FC belum terlihat pola permainannya. Tapi saya rasa semua tim juga akan sama. Mereka perlu waktu karena bersiap di kondisi yang tidak normal,” paparnya.

    Google Ads

    Ucapan Almeida ada betulnya. Persipura kalah 1-2 di pertandingan pertama melawan tim promosi Persita Tangerang,Sabtu (28/8) lalu. Bhayangkara FC juga kesulitan untuk menang tipis 2-1 atas tim promosi Persiraja Banda Aceh, Minggu (29/8).   

    Media Officer Arema FC Sudarmaji menyampaikan antusiasmenya terhadap dimulainya BRI Liga 1. Gairah sepak bola Indonesia yang selama ini ditunggu-tunggu oleh publik sepak bola akhirnya bisa dilaksanakan. “Tentunya kick off BRI Liga 1 2021/2022 memiliki arti penting, terutama kembalinya gairah sepak bola Indonesia,” ujar dia.

    Arema FC sendiri saat ini cukup siap dalam memulai kompetisi. Tidak hanya dari sisi persiapan tim, melainkan juga dari sisi penerapan protokol  kesehatan sesuai arahan Satgas Covid-19, BNPB dan pihak kepolisian yang memberikan izin kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

    “Dari sisi persiapan, Arema FC cukup siap. Tidak hanya dari sisi tim, tapi juga dari faktor kesiapan dari sisi pemenuhan regulasi yang bersifat urgen seperti vaksinasi dan pemenuhan protokol kesehatan. Itu semua sudah kami terapkan dan disimulasikan di tim,” pungkasnya. (abr/van)

    Mr. Max
    Penulis: Mr. Max

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook