Ikuti 5 Pola Makan Ini Untuk Tingkatkan Kesehatan Mata

Oleh: Mr. Max Gaya Hidup | Rabu, 15 September 2021 - 07:32:08 WIB | dibaca: 73 pembaca

    Ikuti 5 Pola Makan Ini Untuk Tingkatkan Kesehatan Mata

    Aremanoid.com – Mata yang sehat dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Terdapat lima pola makan yang  diklaim mampu membuat penglihatan semakin tajam, seperti  yang dilansir dari detikcom, Senin (13/9).

    Nutrisi yang masuk ke tubuh melalui makanan memiliki banyak manfaat karena dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh agar tetap normal. Mulai dari tulang, kulit, hingga kesehatan mata membutuhkan asupan nutrisi sehat yang cukup agar terjaga kesehatannya.

    Menyeimbangkan asupan nutrisi dengan pola hidup yang sehat juga menjadi kunci utama untuk menjaha organ tubuh agar terap berfungsi normal. Tidak menatap layar gadget terlalu lama, memberikan jeda mata, untuk beristirahat hingga konsumsi makanan bernutrisi bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

    Terutama makanan-makanan yang mengandung vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan. Para ahli menyarankan beberapa pola makan dan pola hidup tertentu untuk menjaga kesehatan mata.

    Berikut ini 5 pola makan untuk menjaga kesehatan mata:

    1. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin

    Disamping kebutuhan vitamin untuk menjaga imunitas tubuh, kekuatan tulang serta menjaga kesehatan organ tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin juga diperlukan guna menjaga kesehatan mata dan ketajaman penglihatan. Beberapa vitamin bahkan secara khusus direkomendasikan ahli untuk dikonsumsi secara rutin demi menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

    Menurut American Optometric Association, vitamin seperti vitamin A, C serta E sangat dibutuhkan oleh mata untuk mencegah gangguan dan penyakit yang mungkin terjadi. Ketiga vitamin tersebut bahkan diklaim ampuh untuk atasi penyakit mata seperti katarak hingga penurunan fungsi otot mata.

    Google Ads

    Secara alami, vitamin-vitamin yang direkomendasikan ini bisa didapatkan melalui asupan buah-buahan yang asam, tomat, kacang-kacangan hingga ikan yang mengandung banyak minyak sehat. Menambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam pola diet harian dinilai sangat baik untuk menjaga kesehatan mata secara menyeluruh.

    2. Penuhi Asupan Sayuran Hijau

    Sayuran hijau punya nutrisi, vitamin serta kandungan yang begitu baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayuran hijau ternyata dinilai oleh para ahli juga dibutuhkan untuk kesehatan mata dan menjaga ketajaman penglihatan.

    The Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan untuk secara rutin mengonsumsi sayur-sayuran hijau untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini berkaitan dengan kandungan yang ada pada sayuran hijau seperti lutein, zeaxanthin, vitamin dan beta-karoten.

    Kandungan-kandungan tersebut dibutuhkan oleh mata untuk berlindung dari sinar UV yang bahkan terdapat pada matahari serta radiasi dari layar. Paparan sinar UV dan radiasi dari layar gadget memiliki pengaruh yang sangat besar dan mampu mengganggu kesehatan mata serta ketajaman penglihatan dengan begitu cepat.

    3. Jaga Hidrasi Tubuh

    Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga seluruh fungsi organ tubuh bekerja dengan normal. Memenuhi kebutuhan air selain mencegah dehidrasi juga sangat disarankan untuk mengendalikan kesehatan dan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

    Bukan hanya memberikan pengaruh pada kesehatan kulit dan mencegah bibir pecah-pecah ternyata minum air punya manfaat yang lebih kompleks. Kekurangan cairan air atau dehidrasi termyata dijelaskan punya efek buruk yang sangat berbahaya termasuk bagi kesehatan mata dan penglihatan.

    Mata membutuhkan cairan untuk terus membuatnya lembab sehingga tidak mudah lelah dan mengganggu penglihatan. Menyampingkan kebutuhan tubuh akan air akan sangat berbahaya baik bagi mata maupun organ-organ tubuh vital lainnya dan meningkatkan risiko paparan penyakit kronis.

    4. Kendalikan Berat Badan

    Tumpukan lemak dan kalori yang berlebihan pada tubuh sangat tidak sehat dampaknya untuk kesehatan secara menyeluruh. Kesehatan mata juga sangat dipengaruhi oleh berat badan berlebih yang disebabkan tumpukan lemak dan kalori yang tidak terkendali.

    Google Ads

    Menurut penelitian Beaver Dam Eye Study, obesitas atau berat badan berlebih dapat menganggu kesehatan mata serta meningkatkan tekanan yang ada di dalam mata. Tekanan ini tentunya jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkam efek gangguan kesehatan mata hingga penurunan kualitas penglihatan.

    Mengendalikan berat badan dengan memilih makanan-makanan yang lebih sehat sangat disarankan oleh ahli untuk menghindari gangguan penglihatan. Obesitas juga bisa meningkatkan risiko diabetes yang juga berdampak pada kesehatan mata jika tidak segera diatasi dan dibiarkan berlanjut.

    5. Berhenti Merokok

    Menurut laporan resmi pada website Centers for Disease Control and Prevention (CDC), perokok dilaporkan lebih rentan terhadap gangguan pada kesehatan mata. Bahkan seorang perokok dinilai memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap katarak dibandingkan orang-orang yang tidak merokok.

    “Merokok dapat menyebabkan perubahan pada kesehatan mata yang efeknya dapat merujuk pada gangguan penglihatan mata,” tulis hasil penelitian tersebut.

    Kandungan senyawa yang ada pada rokok secara tidak langsung memang sangat buruk pengaruhnya terhadap tubuh. Hampir sebagian perokok aktif akan cenderung mengalami katarak maupun gangguan penglihatan lainnya saat memasuki usia lanjut.

    (dfl/adr/dtk/mg8/mg9/jon/nmp)

    Mr. Max
    Penulis: Mr. Max

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook